Kamis, 19 April 2012

Ical Akan Taklukkan 'Trio Macan' - nasional.inilah.com

Jakarta - Ketua Umum Partai Golongan Karya Aburizal Bakrie akan merangkul tokoh-tokoh Golkar yang belakangan ini disebut dengan 'trio macan'.

Istilah 'trio macan' dimunculkan oleh kader Golkar Zainal Bintang. Yang dimaksud 'trio macan' itu adalah Agung Laksono, Fadel Muhammad, dan Surya Paloh.

Kubu Agung Laksono memiliki kekuatan kuat khususnya di Ormas Kosgoro 57 yang merupakan organisasi sayap partai. Sedangkan untuk basis Fadel Muhammad itu diyakini berasal dari kekuatan kader yang berasal dari Indonesia Timur dan masyarakat Islam.

Selain dua kekuatan itu, internal Golkar juga masih memiliki kekuatan dari kubu lainnya yakni dari kekuatan Surya Paloh (SP) yang saat ini masih ada di internal. Meski sudah mendirikan ormas Nasional Demokrat, manuver Paloh yang sangat masif berbahaya.

Dukungan dari tiga tokoh Beringin tersebut sangat diperlukan untuk memperlancarkan pelaksanaan rapat pimpinan nasional khusus (rapimnasus) yang rencananya dipercepat, dari Oktober menjadi Juli 2012.

"Simple saja, mau dukungan maksimal atau tidak. Jika mau, libatkan seluruh tokoh-tokoh Partai Golkar di struktur maupun luar struktural," kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar Hajriyanto Tohari saat dihubungi, Kamis (19/4/2012).

Percepatan rapimnasus bakal mempercepat pula penentuan kandidat calon presiden dari internal yang akan didukung di Pemilihan Presiden 2014. Ada dua tokoh yang disebut-sebut akan bertarung yakni Ical, panggilan Aburizal Bakrie, dan mantan Ketua Umum Golkar Jusuf Kalla.

"Saya tidak dengar satu pun kesiapan tokoh Golkar selain JK dan Aburizal. JK sampaikan agak sambil lalu. Sampai sekarang yang siap Pak Ical," kata Tohari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar