Senin, 09 April 2012

Inilah Daftar Pekerjaan Anti Resesi - ekonomi.inilah.com


 Jakarta – Menjadi pekerja di suatu perusahaan, selalu ada masa berlakunya. Baik karena memburuknya kondisi ekonomi, atau memasuki masa pensiun. Namun, ada beberapa pekerjaan yang justru bisa dilakukan sepanjang masa, tanpa ada batasan waktu.
Meskipun tidak selalu memungkinkan bertahan di satu perusahaan yang sama selama beberapa dekade, ada peluang seseorang dapat bertahan dengan satu profesi untuk jangka panjang.
Profesi ini tidak akan pernah hilang kendati ada perubahan pasar kerja dan perkembangan teknologi.
Pekerjaan ini termasuk kategori pelayanan berkelanjutan, kebutuhan mendasar dan kebal terhadap kekuatan pasar. Inilah daftar beberapa pekerjaan yang tidak lekang waktu.
Apoteker
Dokter mungkin dapat meresepkan obat berdosis besar untuk melenyapkan suatu gejala penyakit, tetapi dibutuhkan apoteker untuk mengeluarkan barang. Profesi ini pun diyakini tetap bertahan, selama orang masih mengalami sakit. Saat ini, upah untuk seorang apoteker cukup besar, mencapai rata-rata US$ 111.570 per tahun.
Ahli matematika
Ahli matematika memiliki keterampilan yang dapat diterapkan pada berbagai macam mata pelajaran, termasuk ilmu komputer dan fisika. Ahli matematika mendapatkan gaji tahunan rata-rata US$ 99.380, dan angka ini bisa ditingkatkan, bila terlibat dalam penelitian ilmiah.
Insinyur Kimia
Sementara insinyur kimia memiliki keahlian yang dibutuhkan di bidang teknologi, energi dan kedokteran. Selain pekerjaan rekayasa kimia dalam pembuatan kosmetik, makanan dan minuman. Dengan banyaknya produk yang saat ini mengandung bahan kimia, maka teknik kimia tampaknya masih merupakan pekerjaan dengan prospek jangka panjang, dengan upah tahunan rata-rata mencapai US$ 94.590.
Pemrogram Komputer
Resesi atau tidak, pemrogram komputer biasanya mudah mencari pekerjaan. Selama komputer menjadi bagian sentral dari kehidupan profesional dan pribadi, akan selalu ada kebutuhan untuk programer, tidak peduli iklim ekonomi. Peran mereka tidak berguna, hanya kalau orang sudah lelah teknologi dan inovasi. Hingga kini, pemrogram komputer memiliki upah tahunan rata-rata US$ 74.900.
Guru
Banyak guru berharap bisa mengajar di sebuah universitas yang terkenal, karena adanya jaminan stabilitas dan upah layak. Namun, akibat pemotongan anggaran, banyak sekolah publik AS mengurangi jumlah guru. Bagaimanapun, profesi guru diyakini akan tetap bertahan.
Selama orang tidak tahu sesuatu, mereka akan membutuhkan seseorang untuk mengajar, bahkan jika situasi tidak ideal. Upah tahunan rata-rata untuk guru di AS mencapai US$ 29.820. Angka ini bisa bertambah bila seorang guru mendapat posisi di universitas, dengan upah tahunan rata-rata US$ 71.440.
Perencana keuangan
Beberapa orang berkemampuan mengelola keuangan pribadi. Namun, banyak juga yang selalu membutuhkan bantuan. Inilah yang menjamin kelangsungan karir perencana keuangan. Profesi ini membantu klien mengelola aset dan kewajiban, asuransi dan investasi, serta dana pensiun dan arus kas.
Bahkan, terkadang, seorang perencana keuangan yang sangat berpengetahuan akan berada antara klien dan bencana keuangan besar. Upah tahunan rata-rata untuk profesi ini adalah US$ 64.750. Kendati upah sangat bervariasi di tiap negara, seorang perencana keuangan yang bekerja di negara bagian New York, bisa mendapatkan US$ 136.310, hampir dua kali rata-rata.
Akuntan
Akuntan adalah seseorang dengan lisensi untuk membantu klien menentukan berapa banyak jumlah pajak yang dimiliki. Ini berarti, profesi ini akan tetap ada, selama masih pajak masih dikenakan pemerintah. Upah rata-rata tahunan untuk profesi adalah US$ 61.690. Namun, angka itu dapat ditingkatkan sebesar US$ 15.000 dengan berlatih di District of Columbia atau di negara bagian New York.
Penulis
Menjadi seorang penulis, membutuhkan lebih dari sekedar kemampuan untuk mengubah frase. Dibutuhkan dedikasi dan keberanian. Selain kemampuan untuk menerima penolakan, kritik pedas dan saran bermanfaat. Ada berbagai bidang, di mana penulis mendapatkan gaji tetap, seperti menulis teknis.
Namun, mereka yang bisa menulis kreatif, bisa memperoleh gaji rata-rata US$ 55.420 setahun. Kesempatan terbesar untuk gaji di atas rata-rata adalah di Los Angeles, pusat industri hiburan, dengan upah tahunan rata-rata mencapai US$ 100.060. Kesempatan akan terbuka lebar, selama eksekutif jaringan tidak dapat menulis komedi situasi mereka sendiri.
Koki
Restoran dikenal memiliki tingkat omset yang tinggi. Meski situasi ini mungkin hal buruk bagi pemilik, namun menguntungkan bagi profesi koki. Selama ada orang yang suka makan, tapi tidak suka memasak, dan selama restoran mempertahankan kualitasnya, akan selalu ada kebutuhan untuk koki. Posisi ini memiliki upah tahunan rata-rata US$ 44.780.
Tenaga Kerja Konstruksi
Pekerja konstruksi menjadi komponen kunci dalam pembangunan dan lanskap. Meski ada sedikit pengaruh dari kondisi pasar, akan selalu ada pekerjaan untuk renovasi, perbaikan dan pemeliharaan bangunan. Hal ini menjamin profesi ini tetap bertahan. Saat ini, upah tahunan rata-rata untuk pekerja konstruksi mencapai US$ 33.590. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar