Selasa, 24 April 2012

JK Ancaman Nyata Bagi Ical di Rapimnassus - nasional.inilah.com

Jakarta - Dukungan kepada Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie (Ical) saat ini masih tentatif. Pasalnya dukungan itu bisa berbalik dari Ical ke Jusuf Kalla (JK) apabila namanya masih dalam kandidat Capres 2014 di Rapimnassus.

"Saya kira ini menunjukkan bahwa pertarungan di tingkat elit Golkar masih cair. Ical belum sepenuhnya bisa mengendalikan. Ical memang dilema, karena bila terlihat 'memaksakan' kehendak, akan dituding otoriter," ujar Analis Politik dari Charta Politica, Arya Fernandes kepadaINILAH,COM, Rabu (25/4/2012).

Arya menilai, masuknya nama JK dalam kandidat yang akan di Survei dalam Rapimnassus akan menjadi ancaman tersendiri bagi Ical dalam memuluskan langkahnya di 2014.

"Bila tidak berhati-hati, JK bisa menyalib Ical. Makanya saya kira, penting bagi Ical untuk memastikan keseriusan JK atau Akbar, biar peta politik di tingkat elit bisa dipetakan secara baik," jelasnya.

JK sendiri lanjut Arya, sudah memastikan niatannya untuk maju di Pilpres 2014. Namun niatan itu belum bisa berjalan mulus karena JK harus bisa mendapatkan tiket Capres dari partai politik. Satu-satunya partai yang bisa diharapkan dan masih memiliki peluang dijadikan kendaraannya adalah Partai Golkar.

"Makanya, salah satu jalan bagi JK untuk maju di 2014 adalah mendapatkan tiket Golkar. Kecil kemungkinan JK akan maju dengan menggunakan tiket partai lain, karena masing-masing partai sudah punya jago masing-masing," paparnya.

Atas niatan JK tersebut membuat kekhawatiran tersendiri bagi Ical yang sejak awal ingin maju sebagai Capres dari Partai Golkar. "Saya kira sadar, makanya Ical tampak sangat khawatir sekali ketika JK berniat maju. Karena akan mempersulit pengesahannya sebagai Capres Golkar," ungkapnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar