Kamis, 19 April 2012

Kemenhan tak Bermaksud Turunkan Pangkat Sudomo - nasional.inilah.com

Jakarta - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) tidak bermaksud menurunkan pangkat mendiang mantan Menkopolkam Sudomo. Ini klarifikasi atas kesalahan penulisan pangkat dalam karangan bunga di rumah duka almarhum mantan Menkopolkam Sudomo.

"Kami ingin mengklarifikasi dan meluruskan. Itu semata kekeliruan kesalahan penulisan pangkat beliau yang dilakukan staf kami," ujar Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan Brigadir Jenderal Hartind Asrin kepada INILAH.COM, Jumat (20/4/2012).

Sebagaimana diberitakan, dalam karangan bunga itu pihak Menhan Purnomo Yusgiantoro menulis bahwa Sudomo berpangkat letnan jenderal (purn), sebuah pangkat jenderal bintang tiga di TNI AD. Padahal, seharusnya Sudomo berpangkat laksamana, jenderal bintang penuh (empat) di TNI AL, yang setara dengan pangkat jenderal penuh (empat) di TNI AD dan marsekal di TNI AU.

Menurut Hastrind, kesalahan itu tidak berarti ada maksud pihak Kemenhan ingin menurunkan pangkat almarhum Sudomo. "Pangkat beliau tetaplah laksamana (purn)," tandas dia.

Dengan klarifikasi ini, pihak Kemenhan tetap menghargai jasa almarhum sebagai salah seorang perwira tinggi TNI AL. "Beliau adalah pahlawan yang telah berjasa dalam membangun TNI AL menjadi seperti sekarang ini," tambah Hartind

Tidak ada komentar:

Posting Komentar