Selasa, 10 April 2012

Voting RUU Pemilu, Demokrat Yakin Menang tanpa PKS - nasional.inilah.com

Jakarta - Partai Demokrat yakin bisa memenangkan voting pada paripurna DPR yang membahas RUU pemilu walau tanpa PKS. Hasil keputusan setgab, Selasa (10/4/2012) malam, sama dengan keinginan dua partai oposisi yaitu Hanura dan Gerindra.

Kedua partai tersebut juga menginginkan sistem Pemilu 2014 dengan sistem proporsional terbuka. Sedangkan parliamentary threshoald (PT) (ambang batas suara parlemen) ada di kisaran 3%.

Hasil setgab menyeppakati sistem terbuka dan PT 3,5%. "Demokrat, PAN, PPP dan PKB (sudah satu suara). PkS masih tertutup, Golkar kursi per dapil 3-8 dan metode webster. Tambah fraksi non koalisi, Gerindra dan Hanura, sudah sepakat," ungkap Wasekjen DPP Partai Demokrat Saan Mustofa, di DPR, Rabu (11/4/2012).

Untuk mekanisme voting, setgab mengusulkan dilakukan voting per paket. Asumsinya lebih sederhana dan tidak memakan waktu lama. "Memilih paket, nanti di lobi biar sekali voting saja. Misalnya, ya enam fraksi sudah selesai. Tinggal paket kedua, bisa dua atau tiga yang dari Golkar dan PKS," tambah Saan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar