Minggu, 13 Mei 2012

BKPM: RI Peringkat 9 Tujuan PMA - ekonomi.inilah.com


Jakarta - Indonesia menduduki peringkat 9 untuk negara tujuan utama penanaman investasi asing langsung (foreign direct investment), selama periode empat tahun terakhir.

"Indonesia menempati peringkat 9 untuk FDI, berdasarkan survei UNCTAD (United Nations Conference on Trade and Development)," ujar Direktur Kerjasama Regional Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Jakarta, Senin (14/5/2012).

Ia menjelaskan, survei tersebut dilakukan terhadap 193 negara maju dan/atau negara berkembang di dunia. Peringkat Indonesia untuk 2 periode yaitu 2009-2011 dan 2010-2012 tidak berubah yaitu berada pada posisi kesembilan untuk negara tujuan investasi utama FDI.
"Khusus untuk periode 2010-2012, Indonesia mengalahkan Jerman, Thailand, Jepang dan Malaysia. "Indonesia saat ini sudah bisa memilih investor," tuturnya.

Saat ini, lanjutnya, Indonesia telah mengantongi beberapa rating investasi dari lembaga-lembaga pemeringkat internasional.

Sementara Direktur Keuangan PT Bank Mandiri Tbk Pahala Mansury menambahkan, Indonesia merupakan penyumbang porsi Produk Domestik Bruto (GDP) terbesar di ASEAN atau sekitar 50%-51%.
"Dengan naiknya GDP per kapita yang mencapai angka sekitar 3.500, itu sangat mungkin porsi GDP itu dari Indonesia," ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar