Senin, 02 April 2012

Inilah Arahan Trading Saham Selasa (3/4/2012) - pasarmodal.inilah.com

Jakarta - Saat ini IHSG sedang dalam area resisten yang dalam terminologi wave dan berada pada fase wave 5 dari 3 dengan target kenaikan pada 4.250-4.275.

"Untuk resisten terdekat kita dihadapkan dengan harga tertinggi bulan Agustus 2011 di 4.193 yang idealnya akan tercapai pada hari ini atau besok saat Planet Mercury kembali pada Direct Motionnya," ujar Gema Goeyardi President dan Founder Astronacci International, Gema Goeyardi dalam keterangan tertulisnya Selasa (3/4/2012) pagi. Lantas, apa yang harus dilakukan saat ini? Strategi apa yang paling tepat di kala IHSG sedang berada pada area resisten seperti sekarang?

IHSG telah memperlihatkan sebuah siklus bullish yang konsisten sejak Februari 2012. "Apabila Anda ingat beberapa artikel di awal dan tengah Februari 2012 saat IHSG sideways dan semua analis ragu akan kemampuan IHSG dapat bullish kembali, planet Mars telah menunjukkan hal yang lain."

Sejak Februari 2012 planet ini bergerak dalam siklus Retrograde yang akan berakhir pada 13 April 2012, di mana dampaknya adalah bullish pada IHSG dan disertai dengan volume yang besar. Hal ini membuat Astronacci tetap optimis dan juga memiliki dasar untuk menggambar Road Map/Blue Print IHSG untuk masa depan sementara para chartist dan analis lain masih sibuk mencari-cari alasan dan sentimen untuk memperkuat asumsi mereka. "Sebagai trader Anda harus dan mutlak mengetahui minimal 80% probabilitas pergerakan arah trend untuk 2 minggu ke depan terlepas dari seluruh sentimen dan berita-berita yang bersifat subjektif. Saat ini IHSG hampir menembus level tertingginya dan apabila Anda mau menyempatkan waktu untuk melihat ke belakang maka saya yakin Anda akan semakin cinta dengan Financial Astrology melalui Astronacci. Silahkan melihat bagaimana Mars Retrograde meyakinkan saya bahwa IHSG akan tetap bullish sejak 23 Januari - 13 April 2012 dan memprediksi bahwa IHSG akan mencapai level tertingginya pada April 2012."

Saat ini IHSG bergerak dalam fase wave 3 bullish dengan target harga pada 4.250-4.275 berdasarkan harmonic supply yang dihasilkan dari proyeksi Fibonacci. Ada hal yang perlu diwaspadai, di mana terlihat indikasi terbentuknya Blow Off Volume (Kenaikan volume yang sangat drastis pada area resisten harga disertai dengan penguatan harga yang agresif) yang seringkali menjadi tanda akan terbentuknya puncak harga.

Indikator Stochastic Weekly dan Daily telah memasuki area overbought dan paling lambat tanggal 13-15 April 2012 weekly Stochastic akan mulai jatuh dari area overboughtnya. Sedangkan pada Daily Stochastic 4-5 April 2012 merupakan tantangan yang cukup berat dimana berpeluang terjadi death cross. Harap diingat apabila time frame chart weekly dan daily sama-sama death cross pada Stochasticnya seringkali merupakan signal valid pembentukan top/peak yang signifikan.

Tanggal 4 April 12 Planet Mercury akan memasuki pergerakan Direct Station diikuti dengan pergerakan bulan melintasi equator pada latitute 0 derajat. "Kemudian disusul oleh siklus Full Moon pada 6 April 2012 yang akan saya yakin pada tanggal 4-6 April 2012 IHSG akan mencapai area puncak baru dan berpeluang terjadi reversal. Sebagai konfirmasi kita memerlukan sebuah candle reversal pada area tanggal tersebut sebagai konfirmasi dari price action untuk meyakinkan kita keluar dari market."

Trailing stop harus tetap dipersiapkan dalam 1 minggu ini. Untuk trading, pilihlah saham-saham yang masih bergerak menuju resisten dan hindari saham-saham yang terkoreksi setelah mencapai target harganya pada minggu lalu.

Pada minggu ini kita akan mengamati 3 event penting yang ketiganya akan berpengaruh terhadap pembentukan puncak pada IHSG yang berpeluang diikuti dengan pembalikan arah harga. Mereka adalah Mercury Direct pada 4 April 2012, Moon 0 degree declination pada 4 Aprril 2012, dan Full Moon pada 6 Aprril 2012.

Kemudian untuk minggu kedua April 2012 investor perlu memperhatikan dengan seksama Mars Direct pada 13 April 2012 dan Sun Opposition Saturn pada 15 April 2012.

Kedua siklus ini akan menyebabkan price reversal yang signifikan pada pasar saham.

Harga bergerak dalam impulsive wave rally yang saat ini berada pada wave 3 dan sedang menuju target harganya pada 4.250-4.275. Resisten terkuat pada 4.193 diprediksi akan tercapai hari ini atau 4 April 12 saat planet Mercury berada dalam posisi Direct Motion. Mengacu pada analisa Februari 2012 maka seluruh siklus bullish hingga hari ini sudah in-line dengan ekspektasi Astronacci. Waspadai pembalikan arah tiba-tiba yang disebabkan oleh volume blow off.

Ada yang sangat menarik pada perdagangan kemarin, di mana IHSG berada pada area resisten zone kemudian ditutup menguat dengan full white body candlestick disertai dengan volume yang sangat besar (lebih dari 2x dari volume sebelumnya). Hal ini dapat di identifikasi sebagai blow off volume.

Blow Off volume adalah peningkatan volume secara ekstrim dimana lebih dari 2 kali dari volume rata-rata perdagangan 1 minggu sebelumnya yang terjadi di hari kesekian penguatan harga. Munculnya blow off volume sering kali diikuti dengan akhir sebuah trend bullish dan segera akan terbentuk puncak yang kemudian akan membalikan harga melalui koreksi yang cukup signifikan. Setelah munculnya Blow Off Volume ini biasanya harga akan diberi kesempatan menguat dan menembus resisten-resisten kuatnya namun dengan volume kecil. Nah, volume kecil inilah yang akan menjadi masalah besar dimana menandakan bahwa permintaan (Demand) telah turun dan segera akan ditekan oleh penawaran (Supply). Fenomena ini terjadi pada IHSG dan cikal bakal pembentukan puncak ini dkonfirmasi dengan 4 dimensional analisis seperti Momentum (Weekly dan Daily Overbought), Pattern (End of wave 5 dari 3 telah dekat), Price (Harga mendekati area resisten zone pada 4.250), dan Time (Siklus Astrologi penting seperti Mercury Direct, Full Moon, Mars Direct, dan Sun Opposition Saturn siap menghadang laju kenaikan IHSG).

Lantas apa yang harus dilakukan? "Apabila anda ingin tetap trading maka pilihlah saham-saham yang baru beranjak dari supportnya dan menguat dengan pasti ditandai dengan terbentuknya bullish candlestick. Hindari saham-saham yang telah menyentuh target resistennya, di mana saham tersebut akan cenderung sideways dan menguat terbatas. Lakukan trading hingga akhir minggu ini dan perhatikan terus Stochastic Daily pada IHSG. Apabila IHSG ditutup melemah lebih dari 1% antara tanggal 4-5 Apr 12 maka anda sudah harus mempertimbangkan untuk melakukan cash out.

Saham-saham yang dapat dibeli adalah BHIT (Rp450), BKSL (Rp550), SSIA (Rp1.200), CPIN (Rp3.000), BBRI (Rp7.300), ASII (Rp77.000), BSDE (Rp1.350), BDMN (Rp7.000), INDY (Rp2.900), dan HRUM (Rp8.900). Seluruh saham-saham ini masih memilik peluang kenaikan minimal 3-5% hingga akhir minggu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar